Bisnis rumahan dengan modal kecil dibawah 1 juta

Sunday, February 9, 2014

Bisnis rumahan bisa menjadi alternatif untuk dijadikan usaha sampingan sebagai penanmbah pemasukan keluarga. Sebagai pegawai negeri atau swasta mungkin penghasilan dari gaji hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok saja, oleh karenanya perlu adanya usaha sampingan untuk membantu keuangan keluarga. Pada artikel-artikel terdahulu telah banyak kita jelaskan jenis-jenis usaha baik ofline maupun online yang dapat dikerjakan sepenuhnya di rumah di waktu senggang. Berikut ini beberapa ide bisnis rumahan dengan modal kecil tepatnya dibawah 1 juta rupiah.

Usaha jual beli berupa toko terlihat memang membutuhkan modal yang besar, itu bila kita ingn skala usaha yang besar. Sebenarnya di rumah kita tetap bisa membuka warung yang modal awalnya dibawah 1 juta. Agar warung tersebut dapat berkembang dengan baik dan cepat, maka jual bawang dagangan yang memang benar-benar banyak dicari dan sifatnya konsumsi rutin, seperti sembako dan sayur-mayur. Modal warung sayur tidak lebih dari 500 ribu rupiah kok.

Usaha budidaya juga bisa dijadikan bisnis rumahan terutama budidaya ikan, untuk menjalankan usaha ini kita butuh pekarangan, jika tidak ada pekarangan maka kita bisa membudidayakan ikan di dalam tong. Banyak kok saat ini orang yang budidaya belut dan lele dalam tong. Modalnya juga kecil, dengan modal 1 juta rupiah kita sudah bisa memelihara 500 ekor dengan asumsi kita akan memanen lele tersebut pada ukuran 8 ekor = 1 Kg. Berarti saat panen kita akan memproduksi lele sekitar 50 Kg.

Usaha budidaya tanaman hias juga banyak dipilih sebagai bisnsi rumahan, sebab cara perawatannya lebih mudah dan sesuai dengan hobi ibu rumah tangga. Untuk mengembangkan anggre sebanyak 100 pokok hanya dibutuhkan biaya 500 ribu dengan asumsi kita membeli bibit harga Rp 5000-an. Harga 1 pokok anggrek yang sudah berbunga minimal Rp 15 ribu. Selain anggrek juga banyak sekali tanaman hias lainnya yang bisa dibudidayakan untuk menjadi sebuah bisnis rumahan yang menguntungkan.

Usaha kerajinan tangan (handicraft), banyak sekali orang membutuhkan handicraft untuk dijadikan souvenir pernikahan. Ini salah satu peluang terbaik untuk bisnis rumahan dengan modal kecil. Untuk membuat 500 buah gantungan kunci kita hanya perlu modal 500.000 saja. Gantungan kunci tersebut bisa dijual Rp 3000/ buah berarti sekalki produksi kita bisa memperoleh omset 500 x Rp. 3000 = Rp. 1.500.000. Gantungan kunci dapat dijual sebagai souvenir pernikahan, pasarnya begitu luas terutama dijual secara online, untuk pemasaran bisnis rumahna ini secara online dapat dibaca di sini.

bisnis rumahan dengan modal kecil

Itulah beberapa bisnis rumahan di sektor perdaganagn dan produksi yang modalnya kecil dan memiliki peluang yang besar untuk dikembangkan. Kunci keberhasilan bisnis rumahan atau bisnis modal kecil terletak pada kreatifitas dan smangat.

Labels:

Share to

Facebook Google+ Twitter Digg

posted by Unknown at 9:43 PM

Post a Comment: